Rabu, 29 Februari 2012

10 Hal yang patut diketahuitentang virus komputer


Banyak hal yang kadang mengaburkan definisi virus komputer yang sebenarnya. Pemahaman yang sebenarnya yang besar sangat diperlukan terutama oleh kalangan kaum awam. Tak Jarang karena defisini yang terlalu dibesar-besarkan membuat orang ngeri duluan untuk menghidupkan komputer. Agar tidak ada pemahaman yang salah dan anda tetap bisa mengoperasikan komputer dengan nyaman, 10 kenyamanan dibawah mungkin bisa membantu menjelaskan apa dan bagaimana virus komputer.

Apa itu virus komputer ?

Virus komputer adalah sebuah program kecil yang bisa menggandakan dirinya sendiri dalam media penyimpanan komputer. Virus juga bisa langsung ataupun tak langsung, menginfeksi, mengkopi maupun menyebar program file yang bisa dieksekusi maupun program yang ada di 'sektor' dalam media sebuah media penyimpanan. Virus juga bisa menginfeksi file tidak bisa dieksekusi ( file data ) dengan menggunakan macros. Intinya kemampuan menempel dan menaluri pada sebuah porgram virus juga bukanlah suatu kecelakaan ataupun kelemahan perangkat komputer karena pada dasarnya penulis virus kebanyakan jago menulis porgram komputer.

Mengapa disebut Virus ?

Uji coba kemampuan mereplika diris sendiri virus secara umum pertama kalinya dimunculkan pada tahun 1960 untuk membuktikan sebuah teori yang ditulis pada 1949. Kata 'virus' berasal itu sendiri baru digunakan
pada 1984 oleh profesor Fred Cohen yang artinya ? suatu bentuk mampu mereplika dirinya sendiri. Virus komputer baru muncul beberapa tahun kemudian sekitar tahun 1986-1987. Julukan virus untuk  komputer ini memang tepat karena adanya persamaan sifat yang dimiliki. Virus komputer seperti juga virus dalam dunia biologi sama-sama memiliki kemampuan untuk mereplika dirinya sendiri, sama-sama berukuran kecil dibanding korban yang diserang  serta sama-sama butuh korban untuk tetap hidup.

Apakah dampak penuluran virus ?

Semua virus komputer pada akhirnya selalu minta bagian dalam ruang media penyimpanan, sebagian lainnya malah menyita ruang yang tersisa pada memori untuk mepengaruhi kinerja komputer. Sebagai tambahan beberapa virus juga dibuat untuk memunculkan dampak yang sangat buruk pada komputer korban hingga memacetkan kerja komputer serta merusak file yang lain. Beberapa virus lainnya juga membuat kinerja memori tidak stabil atau membuat aplikasi tidak berjalan semestinya. Beberapa virus yang dibuat sekitar 5- 8 tahun lalu malah memang sengaja ditunjukan untuk merusak file lain yang ada di dalam media menyimpanan  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar